Selasa, 16 Februari 2010

MAMBANGUN HUBUNGAN DENGAN ORANG LAIN

Disarikan dari Kuliah Kewirausahaan: DR Ir Adi Sutanto MM
Universitas Muhammadiyah Malang

Satu-satunya unsur terpenting dalam memformulasikan kesuksesan khususnya bidang kewirausahaan adalah mengetahui cara berhubungan baik dengan orang banyak. Para pengusaha yang telah berhasil dengan gemilang mengakui pentingnya peranan orang lain dalam kesuksesan mereka. AH Smith mantan presiden perusahaan kereta api di Amerika Serikat berkata : “Kereta api adalah 95 persen manusia dan 5 persennya besi”
Perlu digaris bawahi bahwa hubungan dapat membuat kita berhasil ataupun sebaliknya. Mutu suatu hubungan misalnya dalam keluarga dalam pasangan hidup akan menentukan bagaimana kita dengan anak-anak dan anggota keluarga yang lain.

Cara menjalin hubungan yang baik dengan orang lain
Kemampuan mengembangkan hubungan yang baik dengan orang lain bukanlah suatu hal yang sulit. Keterampilan orang yang baik tidak terbatas pada oaring dilahirkan dengan kemampuan gaib, meskipun dalam hal ini banyak orang dilahirkan dengan ketajaman naluri yang luar biasa. Ada 15 pedoman yang dapat membantu anda dalam membina hubungan yang baik dengan orang banyak.

1. Jangan mementingkan diri sendiri
2. Berikan mereka perhatian
Salah satu kunci hubungan yang baik dan keberhasilan dalam hidup dinyatakan dalam satu ungkapan : “orang banyak tidak akan peduli seberapa jauh yang anda ketahui hingga mereka tahu seberapa jauh anda peduli.” Semua keterampilan, bakat, dan pendidikan di dunia ini tidak akan pernah membuat orang lain lebih terkesan daripada perhatian anda yang tulus ikhlas kepadanya.

3. Kenali mereka lebih jauh
Beberapa hal dapat berpengaruh lebih besar tehadap orang lain dari pada mencari dan mengingat-ngingat sesuatu tentang mereka. Banyak tahu tentang seseorang merupakan pertanda positif bahwa anda mempunyai perhatian dan ini akan menciptakan ikatan yang positif dan langgeng.

4. Jangan anggp remeh nilai seseorang dengan siapa anda berhubungan
Banyak orang yang ingin mendapat pengaruh besar, tapi kurang memehami caranya mempengaruhi. Temuilahsetiap orang dengan sikap positif dan harapkan agar setaip pertemuan menghasilkan sesuatu yang positif. Layanilah setiap orang sama pentingnya, mak anda tidak akan pernah menganggap rendah siapapun.

5. Jangan mengambil keuntungandari orang lain
Salah satu yang sangat tidak disukai kebanyakan orang adalah melihat orang yang berusaha ingin maju dengan cara mengambil keuntungan dari orang lain. Selain hal ini tidak dibenarkan, juga tidak akan berjalan lancar.
Pencapaian sukses merupakan proses yang panjang serta memerlukan banyak waktu. Ini pun merupakan suatu proses yang harus melibatkan orang lain. Bilamana seseorang mengambil keuntungan dari orang lain, berarti dia mengurangi kesempatan dirinya sendiri untuk masa depan.

6. Mintalah nasehat atau bantuan
Banyak orang yang senang bila memperoleh kesempatan untuk meunjukkan keahliannya. Merekapun akan merasa senang bila mereka membantu anda, sebab ini menunjukkan seolah-olah mereka memiliki sedikit kekuasaan atau kelebihan.

7. Bawalah selalu “sesuatu”
Bila nada ingin agar hubungan selalu positif, usahakan untuk selalu membawa suatu hal yang positif pada saat bertemu dengan teman. Meskipun bertemu itu hanya sekedar bertukar informasi pribadi mengenai bagaimana kabarnya, dan sebagainya, saat-saat anda bersama dapat sangat berharga bila anda mempersiapkan pertemuan itu dengan membawa sesuatu bagi orang lain tersebut. Yang dimaksud disini adalah gagasan, kesempatan berbisnis, bahkan untuk memajukan diri sendiri, doronglah dan lain-lain. Pokoknya dapat bersifat apa saja. Keinginan anda adalah membnatu orang lain dengan tujuan.

8. Jaga perasaan orang lain
Manusia adalah makhluk yang emosional. Mekipun keinginan kita untuk selalu rasional dan bersikap logis, namun kita tidak boleh lupa hal diatas. Bila anda ingin sukses dalam hubungan dengan orang lain, bersabarlah dengan perasaan orang lain. Anda akan berhubungan dengan orang lain dengan lebih berhasil dengan meperhatikan emosinya daripada meperhatikan pikirannya.
Ada cerita seorang wanita masuk ke toko sepatu untuk membeli sepatu yang pas untuk wanita itu, namun tidak berhasil. Akhirnya dia berkata:”nyonya, saya tidak dapat menemukan sepatu yang cocok untuk anda. Salah satu kaki anda lebih besar dari yang satu.” Wanita tersebut marah dan berdiri untuk pergi. Manager toko yang kebetulan mendengar percakapan itu, menghentikan wanita tersebut. Pelayan toko mengamati menager menemukan sepasang sepatu untuk wanita tersebut dan kemudian berhasil menjual sepasang sepatu kepadanya.
Manager telah berkata yang sebenarnya kepada wanita tersebut, namun dia telah mepertimbangkan perasaannya dan mendekatinya dengan kebijaksanaan dan hormat. Dia berhasil melihat situasi lewat matanya. Adalah satu kekuatan yang besar dalam kemampuan untuk mengenal itu dan kemudian dengan sabar memperhitungkan perasaan orang lain. Berilah perkataan yang benar serta akses yang besar, dan anda akan menggerakkan dunia.

9. Bersiaplah memberikan pelayanan kepada oranglain
Manusia pada hakekatnya tertarik pada orang lain yang menolongnya. Kebanyakan kita ingin membalas kebaikan dengan kebaikan. Bila anda mencari kesempatan untuk membantu orang lain, anda akan hidup lebih bahagia dan mampu megembangkan banyak hubungan yang baik. Ada segi praktis yang lain dari memberi pelayanan ini dalam dunia yang bersaing ini, pelayanan baik sering merupakan satu-satunya mutu yang membedakan satu perusahaan dari yang lain. Satu-satunya perbedaan antara sesama toko swalayan adalah bagaimana meraka melayani pelanggan. Dua dari tiga pelanggan yang meninggalkan anda karena mereka tidak puas dengan pelayanan yang mereka terima. Ini tentunya sesuai dengan anggapan bahwa dampak positif terbesar yang dapat anda peroleh dalam bisnis adalah meningkatkan pelayanan kepada orang lain. Pelayanan secara positif dapat menimbulkan hubungan yang positif.

10. Jadilah seorang pendengar yang baik
Salah satu ciri khas dari orang yang mahir menciptakan hubungan adalah bahwa dia, mempunyai kemampuan mendengar dengan penuh perhatian selagi orang lain berbicara. Akhirnya, tahukah anda siapa yang tidak senang untuk berhubungan dengan pendengar yang setia? Salah satu kunci untuk menjadi pendengar yang baik adalah kemampuan untuk mendorong orang berbicara mengenai dirinya sendiri. Biasanya yang hanya diperlukan adalah beberapa pertanyaan yang tepat. Bila anda sabar dan bertahan, anda bahkan dapat membujuk orang yang paling sedikit berbicara untuk cerita tentang dirinya sendiri.

11. Bicaralah dengan kata-kata sesuai dengan minat orang lain
12. Buatlah orang lain merasa penting
13. Jadilah orang yang dapat dipercaya dan konsisten
14. Hindari perdebatan
15. Jadilah seorang pengamat manusia


Orang yang sukses mengembangkan komunikasi
Komunikasi dapat didefinisikan sebagai “memberi atau tukar informasi, isyarat atau pesan melalui kata, gerakan badan dan tulisan.” Komunikasi bukanlah sekedar menyampaikan pesan. Ini menyangkut interakasi antara dua insan atau lebih. Agar komunikasi menjadi efektif, kedua pihak harus terus menerus memberi dan menerima informasi baik lisan maupun tulisan. Berikut aspek penting yang perlu diperhatikan bila kita mencoba berkomunikasi dengan orang lain.

1. Berhentilah bicara!
Kesulitan umum yang orang lain alami dalam berkomunikasi adalah bahwa mereka tidak cukup lama diam agar memberi kesempatan orang lain untuk berbicara.

2. Buatlah orang lain bersikap santai
Pusatkanlah pengertian anda tentang apa yang ingin disampaikan orang itu daripada tanggapan anda terhadap apa yang disampaiakannya.

3. Bertanyalah
Pada saat yang tepat, ajukanlah pertanyaan untuk mendapatkan tambahan informasi atau untuk lebih menjelaskan sesuatu hal yang kurang anda pahami. Selalin membantu anda untuk mengerti, ini akan mendorong pihak lain dan menunjukkan bahwa anda mendengarkan.

4. Hilangkan gangguan
Bersikaplah peka terhadap segala gangguan yang dapat mengganggu komunikasi.
Bersabarlah tujuan anda bukan hanya untuk memahami isi pesan kepada pihak lain, tetapi juga meyakinkan kepada pihak lain bahwa anda menghargai segala sesuatu yang dikatakannya.

5. Bertimbang-rasalah
Bila kita menempatkan diri kita pada diri orang lain, maka kita akan kurang berkeinginan untuk menempatkan dia pada tempanya.

6. Jangan mencoba berkomunikasi selagi marah
7. Cegahlah berdebat dan mengecam
8. Usahakanlah mendapatkan tanggapan dari pendengar anda
9. Mintalah pendapat pendengar anda bila tampak ada perdebatan
10. Pembicara yang berpengalaman sadar bahwa bicara terus bukanlah jawabannya, yang diperlukan adalah lebih banyak mendengar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar